Pertempuran biasanya terjadi antara dua belah kubu antara Player Character (PC) dengan Monster atau bisa juga dengan NPC (Non-Playable Character) yang melibatkan berbagai macam aspek dari ayunan senjata, tipuan, tangkisan, langkah kaki, hingga pengunaan sihir. Permainan mengatur berbagai macam aksi tersebut kedalam pola ronde (Round) and giliran (Turn). Sebuah Round mewakili sekitar 6 detik di dalam dunia permainan.
Dalam Round, setiap partisipan dalam pertempuran melakukan aksi secara bergiliran. Urutan giliran ditentukan pada awal pertarungan, ketika semua orang melakukan Roll initiative. Jika tidak ada pihak yang kalah setelah semua orang mengambil giliran, pertarungan berlanjut ke babak berikutnya.
Surprise
Sekelompok petualang menyelinap ke kamp Bandit kemudian melompat dari pepohonan untuk menyerang tanpa diketahui oleh para Bandit. Monster Gelatinous Cube merambat diam-diam jalan di Dungeon, para petualang tidak menyadarinya sampai monster menelan salah satunya. Dalam situasi seperti ini, satu sisi dari pertempuran menghasilkan Kejutan atas yang lain.
GM lah yang menentukan siapa yang terkena surprise. Jika kedua belah pihak tidak mengendap-ngendap maka mereka akan berhadapan langsung satu sama lain. Bisa juga, GM membandingkan Dexterity (Stealth) checks pihak yang bersembunyi dengan passive Wisdom (Perception) score dari tiap lawan. Mereka yang lengah akan terkena Surprise atau bisa juga disebut serangan dadakan.
Jika kamu terkena serangan dadakan, kamu tidak bisa bergerak ataupun melakukan Action di awal giliran dalam pertempuran, serta juga tidak bisa menggunakan reaksi hingga giliranmu berikutnya. Salah satu anggota suatu group kemungkinan bisa terkena serangan dadakan sedangkan lainnya tidak tergantung sukses atau tidaknya usaha untuk melakukan serangan dadakan tersebut.
Urutan dalam Combat
Setelah menentukan (Surprise), GM (Game Master) menentukan siapa saja yang terlibat pertempuran dan apa yang akan dihadapi player. Berikut urutan dalam pertempuran;
1. Menentukan posisi
GM lah yang menentukan lokasi dan posisi semua karakter dan monster berada. GM menentukan urutan giliran serta memposisikan lokasi awal mulai Player, GM juga menentukan dimana para musuh berada, seberapa jauh dan dari arah mana.
2. Roll initiative
Semua orang yang terlibat dalam pertempuran menggulirkan inisiatif dengan mengocok dadu d20, kemudian menentukan urutan giliran bertempur dimulai dari yang mendapat skor paling tinggi.
3. Mengambil Giliran(Turn)
Setiap peserta dalam pertempuran mengambil giliran dalam urutan initiative yang telah ditentukan.
4 Memulai ronde selanjutnya
Putaran (Round) berakhir ketika semua orang yang terlibat dalam pertempuran telah mendapat giliran. Ulangi langkah 4 hingga pertempuran berakhir.
Roll Initiative
Roll initiative adalah menuntukan urutan giliran (Turn) dalam pertempuran. Ketika pertempuran dimulai, setiap peserta melakukan Dexterity check untuk menentukan siapa yang mendapatkan giliran terlebih dahulu.
GM mengurutkan para petarung dengan merangking peserta yang mendapatkan Dexterity check tertinggi hingga yang terendah. Urutan ini menjadi patokan giliran peserta di tiap ronde . Urutan Initiative ini tetap sama dari ronde ke ronde sampai pertempuran berakhir.
GM cukup melakukan satu kali roll untuk creatures yang sama, jadi satu grup creature yang sama mendapat urutan giliran bersamaan pula.
Jika skor hasil roll sama, untuk makhluk yang dimainkan oleh GM urutannya dintentukan oleh GM sendiri, sedangkan untuk Player mereka menentukan sendiri siapa yang ingin mendapat giliran terlebih dahulu. Ketika hasil imbang antara creature yang dimainkan oleh GM dengan Player, maka GM lah yang berhak menentukan siapa yang terlebih dahulu mendapatkan giliran.
Turn
Pada giliranmu, kamu dapat bergerak sesuai dengan Speed yang dimiliki karaktermu dan melakukan satu action.
Kamulah yang menentukan untuk melakukan pergerakan dulu baru beraksi atau malah bisa kebalikanya, melakukan Action dulu baru kemudian bergerak. Speed seringkali dinamai dengan Walking Speed pada character sheet maupun di player hand book (PHB). Speed disini menggunakan satuan foot, jika kalian menggunakan kotak grid maka 5 foot sama dengan 1 kotak.
Kalian bisa juga untuk memutuskan tidak bergerak pada giliran kalian, tidak melakukan Action, atau tidak melakukan apa pun pada giliranmu. Jika kalian bingung memutuskan untuk berbuat apa pada giliranmu, bisa juga melakukan Dodge (Menghindar) atau Ready (bersiaga).
Bonus Actions
Beberapa Class Features, Spells, serta Abilities memperbolehkan kalian untuk melakukan aksi tambahan setelah giliranmu, namanya adalah Bonus Action. Kamu hanya boleh melakukan Bonus Action jika Special ability, spell, atau feature dalam permainan memperbolehkanmu untuk menggambil Bonus Action. Jika tidak tertera maka kalian tidak bisa melakukan Bonus Action.
Pada giliranmu hanya diperbolehkan melakukan satu kali Bonus Action saja, jadi kamu harus memilih Bonus Action mana yang akan dipakai sesuai dengan yang opsi yang kalian punya.
Kamu memilih sendiri untuk melakukan Bonus Action pada giliranmu, bisa dilakukan sebelum atau sesudah Action. Kamu tidak bisa melakukan Bonus Action ketika kamu tidak bisa melakukan Action, dan juga tidak bisa saat ada batasan atau aturan yang menghalangi untuk melakukan bonus action.
Aktivitas lain pada giliranmu
Pada giliranmu, kamu bisa melakukan improvisasi yang tidak membutuhkan Action atau Move.
Seperti contoh, kamu dapat berkomunikasi dengan cara apapun yang kamu bisa, melalui ucapan singkat dan gerak tubuh, saat kamu mengambil giliran.
Kamu juga dapat berinteraksi dengan sebuah objek atau fitur Lingkungan secara bebas, baik saat bergerak atau melakukan action. Misalnya, kamu dapat membuka pintu saat bergerak melangkah ke arah musuh, atau kamu dapat menarik senjatamu sebagai rangkaian dari tindakanmu ketika hendak menyerang musuh.
Jika kamu ingin berinteraksi dengan objek lain yang membutuhkan aktivasi, kamu perlu menghabiskan Actionmu. Beberapa Magic Item dan benda khusus lainnya selalu membutuhkan action dalam penggunakannya, sebagaimana dinyatakan dalam deskripsi mereka.
GM mungkin mengharuskan kamu untuk menggunakan Action untuk setiap kegiatan ini ketika membutuhkan perlakuan khusus atau ketika itu merupakan hambatan yang tidak biasa. Sebagai contoh, GM dapat memintamu menggunakan Action untuk membuka pintu karena pintunya terkunci atau memutar engkol untuk menurunkan jembatan.
Reaction
Beberapa Special Abilities, Spells, dan suatu kondisi memungkinkan dirimu untuk mengambil tindakan khusus yang disebut Reaction. Reaction adalah respons instan terhadap pemicu dari beberapa jenis tindakan yang dapat terjadi pada saat giliranmu atau pihak lain. Opportunity Attack adalah tipe reaksi yang paling umum yakni melakukan serangan ketika pihak lawan mencoba keluar dari jangkuan seranganmu.
Saat kamu bereaksi, kamu tidak dapat melakuan hal lain sampai dengan giliranmu berikutnya. Jika reaksi menyela gerakan makhluk lain, makhluk itu dapat melanjutkan gilirannya setelah kamu melakukan reaksi.
Komentar
Posting Komentar