Dalam pertempuran, karakter dan Monster selalu bergerak, dan seringkali menggunakan Action dan Movement supaya dapat unggul di medan pertempuran.
Kamu dapat mengatur jarak dan kecepatan pada giliranmu. Speed yang dimiliki karakter menentukan jarak yang bisa ditempuh (Movement). Pada giliranmu, kamu bebas sesuka hati untuk menggunakan Speed yang dimiliki karakter. Ketentuan banyak atau sesedikit langkah yang dimiliki karakter tersebut ditentukan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Pergerakanmu (Movement) dapat mencakup melompat, memanjat, dan berenang. Mode gerakan yang berbeda ini dapat dikombinasikan namun demikian tiap gerakan akan menggunakan Speed yang dimiliki karakter. Sebagai contoh, Seorang Elf memiliki Speed sejumlah 30 foot, maka ia dapat berjalan sepanjang 10 foot kemudian melompat 10 foot dan dilanjutkan dengan berenang sepanjang 10 foot, dan ketika Speednya tidak tersisa maka dia tidak dapat bergerak.
Memecah pergerakan
Pada giliranmu, kamu dapat memecah pergerakanmu sebelum dan sesudah melakukan Action, sesuai dengan sejumlah Speed yang dimiliki karakter. Misalnya, jika kamu memiliki Speed sejumlah 30 foot, kamu bisa bergerak 10 foot, kemudian melakuan Action, dan baru setelah itu melanjutkan bergerak sejauh 20 foot.
Bergerak diantara serangan
Jika kamu melakukan Action yang mencakup lebih dari satu serangan senjata, maka kamu dapat memecah gerakan lebih jauh dengan bergerak di antara serangan tersebut.
Misalnya, seorang Fighter memiliki Speed sebanyak 25 foot melakukan dua kali serangan dengan fitur Ekstra Attack, maka ia bisa bergerak 10 foot, kemudian melakukan Attack, lalu bergerak lagi sejauh 15 foot, dan kemudian melakukan serangan lagi.
Menggunakan jenis Speed yang berbeda
Jika kamu memiliki lebih dari satu jenis Speed, seperti kecepatan berjalan (walking speed) dan kecepatan terbang (flying speed), kamu dapat menggunakanya secara bergantian ketika melakukan pergerakan (Movement).
Setiap kali kamu beralih pergerakan, kurangi jarak yang telah ditempuh, hasilnya menentukan seberapa jauh kamu dapat bergerak. Jika hasilnya 0 atau kurang, Anda tidak dapat menggunakan gerakan lain.
Misalnya, jika kamu memiliki Speed 30 foot dan Flying Speed 60 foot dikarenakan Wizard mengeluarkan mantra terbang padamu, maka kamu bisa terbang sejauh 20 foot, lalu berjalan 10 foot, dan kemudian terbang tinggi sejauh 30 foot.
Difficult Terrain (Medan sulit)
Tempat pertempuran kadang kala menggambil tempat dengan medan yang sulit, seperti tanah yang licin, pegunungan terjal, rawa-rawa, salju tebal, atau lain sebagainya, dan hal ini menyebabkan pergerakan terhambat.
Setiap langkah untuk pergerakan di medan yang sulit membutuhkan langkah satu kali lipat, jadi pergerakan 1 foot dianggap telah menghabiskan 2 foot pergerakan. Sebagai contoh, semisal seorang Fighter memiliki Speed sebanyak 30 foot, di rawa-rawa ia hanya bisa bergerak separuhnya saja yakni 15 foot karena kakinya terhambat oleh lumpur (1/2 dari speed normal).
Being Prone (Ambruk)
Para petarung kadang kala bisa tergeletak di tanah, baik karena mereka dirobohkan atau karena mereka menjatuhkan diri dan tengkurap. Dalam kondisi tersebut mereka sangatlah rawan bahaya.
Untuk berdiri dibutuhkan lebih banyak usaha; melakukan hal itu membutuhkan jumlah gerakan sama dengan setengah kecepatan Anda.
Misalnya, jika Speedmu sebanyak 30 foot, maka kamu harus menghabiskan 15 foot untuk berdiri. Kamu tidak dapat berdiri tidak memiliki gerakan yang cukup atau jika Speedmu adalah 0.
Untuk bergerak di saat genting kamu harus merangkak atau menggunakan sihir seperti teleportasi. Setiap merangkak membutuhkan langkah ekstra satu kali lipat.
Merangkak di medan yang sulit membutuhkan langkah 3 kali lipat dari Speed normal, sebagai contoh kamu merangkak di pegunungan terjal dan Speed normal mu sebanyak 30 foot, maka di medan yang terjal tersebut kamu hanya bisa merangkak sejauh 10 foot saja (1/3 dari speed normal).
Berinteraksi dengan objek sekitarmu
- manarik atau menyarungkan pedang
- membuka atau menutup pintu
- mengampil obat dalam ransel
- menggambil kapak yang jatuh
- mengambil perhiasan di meja
- mencopot cicin dari jari tangan
- memasukan makanan ke mulut
- menancapkan bendera ke tanah
- mengambil beberapa koin di kantung
- minum dari botol
- menarik tuas atau tombol
- menarik obor dari wadahnya
- menggambil buku dari rak yang bisa kau raih
- memadamkan api kecil
- mencopot topeng
- membuka kerudung atau jubah
- menguping dari balik pintu
- menendang batu kecil
- membuka pintu dengan kunci
- melompat dengan menggunakan galah
- memberikan item kepada orang lain
Bergerak disekitar Creatures lain
Kamu dapat bergerak bebas di area sekitar creature yang bukan musuhmu. Kamu juga dapat bergerak menerobos melewati ruang makhluk yang menjadi musuhmu hanya jika makhluk itu setidaknya ukuran dua kali lebih besar atau lebih kecil darimu. Ingat bahwa ruang makhluk lain adalah medan yang sulit bagimu (Difficult Terrain).
Entah itu adalah teman atau musuh, kamu tidak bisa berada di posisi yang sama di tempat makhluk itu berada.
Terbang (Flying Movement)
Makhluk yang bisa terbang menikmati banyak manfaat mobilitas, akan tetapi mereka juga harus menghadapi bahaya resiko ketika jatuh (Falling). Jika mahluk terbang jatuh ambruk ke bumi (Prone), maka ia tidak dapat bergerak ketika jatuh, atau sebaliknya jika ia tidak bisa bergerak saat terbang maka makhluk itu jatuh, kecuali ia memiliki kemampuan untuk melayang atau posisinya ditahan oleh sihir, seperti oleh spell Fly.
Creature Size (Ukuran mahkluk)
Setiap makhluk dan objek membutuhkan jumlah ruang yang berbeda. Tabel: Kategori Ukuran menunjukkan seberapa banyak ruang yang dimiliki makhluk atau objek berukuran tertentu dalam pertempuran.
Kategori ukuran makhluk atau objek:
Size
|
Space
|
Tiny
|
2½ by 2½ ft.
|
Small
|
5 by 5 ft.
|
Medium
|
5 by 5 ft.
|
Large
|
10
by 10 ft.
|
Huge
|
15
by 15 ft.
|
Gargantuan
|
20
by 20 ft. atau lebih besar
|
Space (Ruang)
Space adalah adalah area ruang gerak dimana kaki bisa bebas bergerak dalam pertempuran. Sebagai contoh, semisal seseorang berdiri di ambang pintu selebar 5 kaki, makhluk lain tidak dapat melewatinya kecuali jika orang tersebut mengizinkannya, berbeda halnya jika makhluk yang menghalangi pintu ukurannya lebih kecil maka akan dengan mudah melewati pintu tersebut karena ada ruang kosong yang masih bisa dipakai.
Karena makhluk yang lebih besar mengambil lebih banyak ruang, makhluk dengan ukuran lebih kecil dapat memasuki ruang gerak makhluk yang ukurannya lebih besar. Sebagai contoh, jika bertarung melawan raksasa seorang manusia dapat bergerak di sekitar tubuh raksasa tersebut, entah itu berada di antara kedua kaki raksasa atau bahkan memanjat tubuh raksasa tersebut.
Ruang gerak makhluk juga mencerminkan area yang dibutuhkan untuk bertarung secara efektif. Karena alasan itu, ada batasan jumlah makhluk yang bisa mengelilingi makhluk lain dalam pertempuran. Jadi semisal, ada makhluk berukuran besar (Large:10x10 feet) maka mereka yang berukuran sedang (Medium:5x5 feet) masih bisa memasuki 5 feet ruang yang digunakan mahkluk besar tersebut.
Ruang gerak makhluk juga mencerminkan area yang dibutuhkan untuk bertarung secara efektif. Karena alasan itu, ada batasan jumlah makhluk yang bisa mengelilingi makhluk lain dalam pertempuran. Jadi semisal, ada makhluk berukuran besar (Large:10x10 feet) maka mereka yang berukuran sedang (Medium:5x5 feet) masih bisa memasuki 5 feet ruang yang digunakan mahkluk besar tersebut.
Jika ingin memasuki area ruang yang lebih kecil atau sempit, seperti masuk ke dalam lubang, fentilasi udara, gorong-gorong, maka harus menghabiskan 1 foot ekstra dari gerakan yang dibutuhkan ketika melewati ruang tersebut, dan hal itu juga mengakibatkan Disadvantage pada Attack rolls dan Dexterity Saving Throws. Pihak yang menyerang makhluk yang berada di ruang sempit itu memiliki advantage, dengan catatan mahluk tersebut ukurannya lebih kecil dan dapat bergerak bebas di ruang sempit tersebut.
Komentar
Posting Komentar