Ada banyak metode ketika melakukan serangan, dari menggunakan melee weapon (senjata jarak dekat), menembakan senjata dari kejauhaan, atau melakukan serangan dengan menggunakan spell.
Sebuah serangan memiliki struktur yang sederhana;
- Tentukan target. Pilihlah target yang masuk dalam jangkauan serangan, mungkin bisa sesosok makhluk, sebuah objek, ataupun lokasi.
- Menentukan modifier. GM menentukan apakah target mempunyai perlindungan dan apakah kamu mendapat advantage atau disadvantage ketika menyerang target. Sebagai tambahan, Spells, Special Abilities, serta efek samping lainnya dapat membuat Attack Roll terkena pinalti atau bonus.
- Menyelesaikan serangan. Ketika kamu melakukan Attack roll, ketika mengenai target (hit), kamu melakukan roll damage, terkecuali ada aturan tertentu yang malah menyebabkan keterbalikannya. Beberapa serangan menyebabkan efek khusus, jadi tidak selalu menimbulkan luka atau kerusakan (damage).
Jika ada pertanyaan apakah sesuatu yang kamu lakukan dianggap sebagai sebuah serangan (Attack), aturannya sederhana: jika melakukan Attack Roll, maka kamu melakukan serangan.
Attack Rolls
Ketika kamu melakukan serangan, Attack roll mu lah yang menentukan kena atau tidaknya sebuah serangan. Untuk melakukan Attack roll, kocok dadu d20 dan tambahkan modifiers yang sesuai. jika total hasil kocokan ditambah modifiers setara atau melebihi Armor Class (AC) milik target, maka serangan itu masuk atau dengan kata lain sukses. AC dari karaktermu ditentukan ketika kamu memulai membuat karakter, sedang AC milik monster hanya diketahui dan ditentukan oleh GM .
Rumus umum dari Attack roll adalahsebagai berikut;
Hasil kocokan dadu d20 + Ability score + Profiency Bonus.
Modifiers saat melakukan Roll
Ketika karakter melakukan Attack roll, dua Modifiers yang umum pada Roll adalah ability modifier dan proficiency bonus milik karakter. Ketika monster melakukan Attack roll, modifiernya menggunakan status yang tertera di tabel status pada keterangan monster.
Ability Modifier:
Ability modifier yang digunakan pada serangan senjata jarak dekat (Melee Weapon) adalah Strength, dan Ability modifier yang digunakan pada serangan senjata jarak jauh (Ranged Weapon) adalah Dexterity. Tetapi aturan tersebut tidak berlaku bagi senjata yang ringan (Finesse) atau bisa di lempar (Thrown) karena kedua senjata dengan tipe tersebut dapat memilih menggunakan modifier yang mana, bisa menggunakan modfier Strength ataupun Dexterity. Beberapa Spells juga membutuhkan Attack roll dalam penggunaanya. Ability modifier untuk spell Attack tergantung dengan Spellcasting ability milik Spellcaster.
Proficiency Bonus:
Kamu menambahkan proficiency bonus pada Attack roll ketika menyerang dengan senjata yang kau kuasai, demikian pula juga menyerang dengan menggunakan spell.
Rolling 1 or 20
Terkadang nasib bisa saja memberkati atau mengutuk para petarung, menyebakan pemula dapat dengan mudah mengenai lawan (hit) dan serangan dan veteran bisa menjadi gagal (miss)
Jika kocokan dadu D20 untuk Attack muncul angka "20", maka serangan tersebut berhasil mengenai target terlepas dari modifiers atau AC yang dimiliki oleh target. Hal ini disebut sebagai Critical Hit.
Jika kocokan dadu D20 untuk Attack muncul angka "1", maka serangan tersebut gagal mengenai target terlepas dari modifiers atau AC yang dimiliki oleh target. Hal ini disebut sebagai Natural One.
Unseen Attackers and Targets (Penyerang yang tidak terlihat dan targetnya)
Para petarung kadang kala mencoba menghindar dari pandangan musuh dengan melakukan Hiding, casting Invisibility spell, atau mengendap-ngendap di dalam kegelapan.
Ketika kamu menyerang target yang tidak bisa kamu lihat, maka kamu mendapat Disadvantage pada Attack roll. Ini dibenarkan jika kalian menebak-nebak lokasi target atau target tidak bisa kau lihat tapi bisa terdengar suaranya. Jika target tidak berada pada lokasi yang kau tebak, maka seranganmu otomatis gagal, tapi bisa juga GM langsung bilang seranganmu gagal, terlepas tepat atau tidaknya kamu menebak lokasi target.
Jika sesosok makhluk tidak bisa melihatmu, kamu mendapatkan Advantage pada Attack rolls ketika menyerang makhluk tersebut. Akan tetapi walaupun bersembunyi dengan baik dan tidak menimbulkan suara, lokasimu akan ketahuan setelah kamu melakukan serangan kepada makhluk yang tidak bisa melihatmu tadi, terlepas seranganmu mengenainya ataupun meleset dari sasaran.
Ranged Attacks (serangan jarak jauh)
Kamu melakukan Ranged Attacks (serangan jarak jauh), ketika entah menembakan busur panah atau Crossbow, melempar Handaxe, atau menembakan/melempar benda projektil ke musuh dari kejauhan. Banyak Spells juga mengharuskan melakukan ranged attack untuk melancarkan serangan.
Range (Jangkuan)
Jika suatu ranged Attack memiliki ukuran jangkuan tertentu, kamu tidak bisa menyerang diluar jangkuan tersebut.
Beberapa Ranged Attacks, seperti yang dimiliki pada Longbow atau Shortbow, memiliki dua jangkauan. Angka terkecil adalah jarak tembak normal, dan angka terbesar adalah jarak tembak terjauh. Attack roll mu mendapat Disadvantage ketika target di luar batas jarak tembak normal, dan kamu tidak bisa menyerang target di luar jarak tembak terjauh.
Menggunakan senjata jarak jauh di pertarungan jarak dekat
Mengarahkan serangan jarak jauh lebih sulit ketika musuh ada di dekatmu. Jika kamu berada pada jarak 5 foot dari musuh yang bisa melihatmu dan mampu bergerak bebas, maka ketika kamu melakukan serangan jarak jauh dengan senjata, spell, atau dengan cara yang lainnya, kamu mendapatkan Disadvantage pada saat melakukan Attack roll.
Melee Attacks (serangan jarak dekat)
Dalam pertarungan jarak dekat, Melee Attacks hanya sebatas serangan yang bisa kau jangkau dengan senjatamu. Melee Attack biasanya menggunakan senjata yang dipegang dengan tangan, seperti pedang, palu perang, ataupun kapak. Monster melakukan melee Attack ketika menyerang dengan cakar, tanduk, gigi, tentakel, atau bagian tubuh lainnya. Ada juga beberpa Spells yang mengharuskan untuk melakukan melee Attack.
Kebanyakan semua makhluk (termasuk player) memilik 5-foot jangkuan serangan dan hanya diperbolehkan untuk menyerang musuh yang berjarak 5 feet dari mereka ketika melakukan melee Attack. Makhluk tertentu (biasanya memiliki ukuran yang besar) mempunyai Melee Attacks dengan jangkuan lebih jauh melebihi 5 feet, sesuai yang tercatat pada deskripsi mereka.
Daripada menggunakan senjata untuk menyerang, kamu bisa melakukan serangan Unarmed Strike (tangan kosong): seperti meninju, menendang, menyeruduk, atau hantaman kuat serupa (dimana tidak memakai senjata apapun). Ketika serangannya kena (Hit), Unarmed Strike tergolong sebagai bludgeoning damage (Serangan dengan benda tumpul) yang rumus dari hasil serangannya adalah ; 1 + Strength modifier yang kamu miliki. Semua makhluk bisa menggukan serangan tangan kosong (Unarmed Strike) karena menggunakan bagian dari tubuhnya untuk digunakan sebagai senjata.
Opportunity Attacks (menggunakan kesempat ketika menyerang)
Dalam perkelahian, semua orang terus-menerus mencari kesempatan untuk menyerang musuh yang mencoba melarikan diri dan lengah atau kebetulan lewat dihadapan mereka. Serangan yang memanfaatkan kesempatan ketika musuh lengah dinamakan "Opportunity Attack".
Kamu dapat melakukan opportunity Attack ketika musuh yang bisa kau lihat bergerak atau lewat dalam jangkauan seranganmu. Untuk menggunakan opportunity Attack, kamu harus menggunakan reaksi untuk melancarkan serangan melee Attack terhadap musuh yang terpicu untuk melakukan serangan tersebut. Serangan tersebut langsung terjadi ketika musuh mendekat atau lewat ke area jangkauan serangan, setelah serangan tersebut dilakukan, musuh bisa melanjutkan pergerakannya.
Kamu dapat menghindari opportunity Attack dengan melakukan aksi Disengage. Kamu juga tidak terkena opportunity attack ketika Teleport atau juga ketika seseorang atau sesuatu memindahkan dirimu. Sebagai contoh, kamu tidak memicu opportunity Attack jika sebuah ledakan menghempaskanmu ke dalam jarak serang musuh atau bisa juga disebabkan oleh gravitasi yang membuat dirimu jatuh dan kemudian memenjatuhui musuhmu.
Two-Weapon Fighting (Bertarung dengan dua senjata di tangan)
Ketika kamu menyerang dengan menggunakan senjata ringan yang kau pegang di salah satu tangamu , kamu bisa menggunakan Bonus Action untuk menggunakan senjata ringan lainnya yang kau pegang di tanganmu yang satunya. Tapi kamu tidak bisa menbahkan ability modifier pada damage yang diakibatkan oleh serangan yang menggunan bonus Attack, terkecuali modifiernya menyebabkan damage seranganmu berkurang.
Sebagai contoh, seorang Rogue menyerang dengan menggunakan dua buah short sword (1d6) di kedua tangannya, maka damage serangan bonus actionnya murni hanya 1d6 tanpa ditambah dengan modifiernya.
Jika senjatanya dapat dilempar dengan baik seperti contoh belati atau kapak lempar, kamu bisa menggunakan serangan bonus action dengan melemparkannya (Range Attack) daripada hanya menggunakan sebagai serangan melee attack.
Grappling (bergulat mengunci musuh)
Grapple adalah serangan khusus jarak dekat yang bisa kau gunakan ketika kamu ingin menarik sesosok makhluk dan bergulat dengannya. Jika kamu bisa melakukan banyak serangan, salah satu serangan tersebut dapat digunakan untuk mengunci musuh (Grapple).
Target yang bisa kau grapple haruslah tidak lebih besar dua kali lipat dari ukuran karaktermnu dan target harus pada jangkauan seranganmu. Paling tidak digunakan satu tangan untuk menarik dan mengunci target, untuk menggunakan Grapple maka diharuskan melakukan kontes Strength check (Athletics) dengan target atau bisa juga Dexterity (Acrobatics) check (target bisa memilih ability yang akan digunakan). jika kamu berhasil, subjek akan dalam kondisi Grappled atau terkunci.
Meloloskan diri dari Grapple: Pihak yang terkunci gerakannya dapat menggunakan Actionnya untuk mencoba lolos, untuk melakukannya diperlukan Strength (Athletics) or Dexterity (Acrobatics) check yang dikonteskan dengan Strength (Athletics) check oleh pihak yang melakukan Grapple.
Memindahkan makhluk yang terkena Grappled: Ketika kamu bergerak kamu bisa menyeret atau membopong makhluk yang kau kunci, akan tetapi hal ini menyebabkan pergerakanmu berkurang, speedmu menjadi separuh, terkecuali mahkluk tersebut dua kali lebih kecil darimu.
Shoving a Creature (Mendorong atau menjatuhkan musuh)
Dengan menggunakan aksi ini, kamu dapat melakukan serangan jarak dekat khusus yang bisa untuk mendorong makhluk, baik untuk menjatuhkannya atau mendorongnya menjauh darimu. Jika kamu bisa melakukan banyak serangan, salah satu serangan tersebut dapat digunakan untuk mendorong musuh.
Targetnya harus tidak lebih besar dari karaktermu dan ada dalam jangkuan tanganmu. Untuk melakukannya kamu menggunakan Strength (Athletics) check dan dikoteskan dengan Strength (Athletics) atau Dexterity (Acrobatics) check milik target (target bisa memilih diantara keduanya). Jika kamu memenangkan kontes tersebut, kamu dapat membuatnya ambruk jatuh ke bawah (Prone) atau bisa juga mendorongnya agar menjauh darimu sejauh 5 feet.
Komentar
Posting Komentar