Saat Anda mengambil tindakan pada Giliran Anda, Anda dapat mengambil salah satu tindakan yang disajikan di sini, tindakan yang Anda peroleh dari kelas Anda atau fitur Khusus, atau tindakan yang Anda improvisasi. Banyak Monster memiliki Opsi Aksi mereka sendiri di blok stat mereka.
Ketika Anda mendeskripsikan suatu tindakan yang tidak dirinci di tempat lain dalam aturan, GM memberi tahu Anda apakah tindakan itu mungkin dilakukan dan jenis gulungan apa yang perlu Anda buat, jika ada, untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan.
Attack (Menyerang)
Tindakan umum yang bisa dilakukan ketika Action adalah Attack, dimana karakter menyerang musuh, entah itu menggukan senjata pedang, busur, tombak ataupun tangan kosong
Tindakan ini membuat kalian melakukan satu kali serangan melee (jarak dekat) atau ranged Attack (jarak jauh).
Beberapa features, seperti Extra Attack feature pada Fighter, memperbolehkan untuk melakukan lebih dari satu Attack dengan fitur tersebut.
Cast a Spell (Menggunakan mantra atau sihir)
Spellcasters seperti wizards and clerics, dan juga beberapa Monsters, memiliki akses untuk menggunakan Spells yang bisa memperngaruhi jalannya pertempuran. Tiap spell memiliki waktu penggunaan Casting Time, dimana diatur secara spesifik ketika menggunakannya, apakah ketika saat action, reaction, atau juga bisa menunjukan waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan spell tesebut, apakah butuh semenit atau mungkin berjam-jam . Meski demikian Casting a Spell merupakan aksi yang opsional. Pada umumnya Spells memiliki Casting Time yang membutuhkan 1 action, jadi spellcaster sering menggunakan action mereka untuk melancarkan spell ketika pertempuran.
Dash (Berlari)
Saat kamu melakukan aksi Dash, kamu mendapatkan gerakan ekstra pada giliranmu setara dengan Speed karakter. Dengan speed 30 foot misalnya, Anda dapat bergerak hingga 60 foot jika melakukan Dash.
Disengage (Meloloskan diri)
Jika kamu mengambil tindakan Disengage, Gerakanmu "tidak memancing" Opportunity Attack dimana musuh dapat menyerang kamu disaat kamu bergerak menjauh darinya.
Dodge (Menghindar)
Saat kamu mengambil tindakan Dodge, kamu fokus sepenuhnya untuk menghindari serangan lawan. Hingga awal giliranmu berikutnya, setiap serangan yang dilakukan terhadapmu mendapat Disadvantage jika kamu dapat melihat pihak yang menyerang dirimu, dan juga membuat Dexterity Saving Throw menjadi Advantage. Kamu akan kehilangan manfaat ini jika Anda tidak mampu melakukan aksi(sebagaimana dijelaskan dalam ketentuan) atau jika Speedmu turun menjadi 0.
Help (Membantu)
Anda dapat meminjamkan bantuan Anda kepada makhluk lain dalam penyelesaian tugas. Saat Anda mengambil tindakan Bantuan, makhluk yang Anda bantu mendapatkan Advantage pada Abikkity check di giliran berikutnya, asalkan kamu melakukan skill check sebelum giliran makhluk yang anda bantu.
Atau, Anda dapat membantu dalam menyerang makhluk dalam jarak 5 feet darimu dengan melakukan tipuan, mengalihkan perhatian. Cara lain membentuk tim untuk menyerang musuh, jika sekutu Anda menyerang target sebelum giliran Anda berikutnya maka seranganan pertamanya akan mendapatkan Advantage.
Hide (bersembunyi)
Saat kamu mengambil tindakan Hide, kamu membuat Dexterity check (Stealth) dalam upaya untuk menyembunyikan diri.
Ready (Bersiaga)
Terkadang kamu ingin menunggu keadaan tertentu sebelum melakukan tindakan. Untuk melakukannya, kamu dapat mengambil tindakan Ready pada giliran Anda, yang memungkinkan Anda bertindak menggunakan Reaction sebelum dimulainya giliranmu berikutnya. Tindakan ini juga memungkinkan anda melakukan Dash saat kondisi tertentu.
Pertama, kamu memutuskan keadaan yang dapat memicu reaksimu. Kemudian, kamu memilih tindakan yang akan diambil sebagai respons terhadap pemicu tersebut. Sebagai contoh "Jika Bandit melangkah melewati jebakan, saya akan menarik tuas yang membukanya lubang di lantai tersebut," atau bisa juga "Jika Goblin melangkah di samping saya, saya pindah."
Ketika faktor pemicu terjadi, kamu dapat mengambil reaksi tepat setelah pemicu selesai atau bisa juga membatalkan reaksimu ketika faktor pemicu terjadi. Ingat bahwa kamu hanya dapat mengambil satu reaksi per putaran.
Kamu bisa juga menggunakan spell sebagai reaksi ketika melakukan aksi Ready, dan Spell aktif ketika pemicu terjadi. Spell yang dipakai harus memiliki Casting Time 1 action, dan tindakan ini bisa menyebabkan gugurnya spell yang membutuhkan Konsentrasi jika kamu sebelumnya menggunakan spell yang membutuhkan konsentrasi.
Search (Penulusuran/Pencarian)
Saat kamu melakukan tindakan penelusuran/pencarian, kamu mencurahkan perhatiamu untuk menemukan sesuatu. Tergantung pada Sifat pencarian yang kau pilih, GM mungkin memintamu untuk melakukan Wisdom check (Perception) atau Intellegent check (Investigation).
Menggunakan Objek
Melakukan kegiatan dengan menggunakan barang/benda yang digunakan ke suatu objek tertentu terhitung sebagai 1 Action. Sebagai contoh kamu mengambil obat dari tasmu kemudian meminumkanya ke temanmu yang ada persis disebelahmu, itu terhitung sebagai 1 Action.
Komentar
Posting Komentar